Setan merupakan makhluk professional dalam hal menggoda dan menjerumuskan manusia, agar manusia terjerumus ke dalam perbuatan dosa dan maksiyat dan target utama mereka adalah manusia masuk ke dalam Neraka bersama mereka. Mereka menjerumuskan manusia dengan berbagai cara.

Sebagai seorang muslim yang beriman, kita wajib mengetahui apa saja cara yang digunakan setan untuk menjerumuskan manusia masuk kedalam perangkap mereka agar kita bisa mengantisipasi untuk tidak terjerumus kedalam hal-hal yang mebahayakan kita baik didunia terlebih di akhirat kelak, karena setiap jebakan-jebakan itu apabila kita terjerumus, maka akan mengundang murka Allah 'Azza wa Jalla.

Adapun beberapa Perangkap Syaithan diantaranya :

  • Kekufuran dan Kesyirikan

Setan selalu berusaha untuk menjerumuskan manusia kepada hal ini, karena apabila seorang mu'min di akhir hayatnya masuk dalam golongan ini, maka seluruh amal ibadah yang di kerjakan seumur hidupnya akan sia-sia belaka dan tertolak. Ini lah seburuk-buruk akhir hidup manusia dan dia merupakan manusia paling celaka, karena kekal di neraka.

  • Bid'ah - Melakukan amalan-amalan yang tidak dicontohkan oleh Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam.

Kalau tidak berhasil, maka setan akan masuk ke tahap selanjutnya, yaitu menggoda manusia untuk mebuat-buat sebuah amalan yang dianggap sebagai ibadah dengan harapan mendapat ridha Allah 'Azza wa Jalla, yang mana ibadah tersebut tidak pernah dicontohkan oleh Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam.

Imam Sufyan Ats-Tsauri mengatakan bahwa setan lebih suka kepada orang yang melakukan bid'ah daripada orang yang melakukan maksiyat. Mengapa? Karena pada saat orang melakukan maksiyat seperti berjudi, zina, minum khamr, maka mereka dengan sadar mengatakan bahwa apa yang mereka lakukan adalah salah. Berbeda dengan orang yang melakukan perbuatan bid'ah, mereka melakukan sebuah perbuatan dosa tetapi mereka mengira bahwa mereka telah melakukan sebuah amal ibadah yang mendatangkan pahala.

Melalui bid'ah ini, tidak sedikit orang terjerumus kedalam hal kesyirikan. Banyak kita lihat disekitar kita, perbuatan bid'ah yang mencapai tingkat kekufuran.

  • Dosa Besar

Cara ketiga ini cukup mudah untuk diterapkan kepada manusia, karena ini berhubungan dengan hawa nafsu yang memang sudah ada dalam diri setiap manusia. Salah satu contoh dosa besar yang paling banyak kita temukan dimana-mana, GHIBAH. Ghibah perbuatan yang memanjakan hawa nafsu, nikmat dan bisa dilakukan dimana pun dan kapan pun. Allah Subhaanahu wa Ta'aala telah memperingatkan kita didalam Al-Quran bahwa perbuatan Ghibah ini sama dengan memakan bangkai saudara kita, na'udzubillah.

Mau tau teknik setan lainnya dalam menjerumuskan manusia? Simak kajian Ustadz Abdullah Zaen hafizhahullah dengan judul 6 Perangkap Syaithan