Didunia terdapat 2 macam fitnah yang membahayakan kita sebagai muslim. Yang pertama adalah Fitnah Syubhat. Fitnah syubhat ini Merusak Ilmu dan Pemahaman seseorang, kebanyakan orang yang terkena fitnah syubhat ini tidak terkena fitnah Dunia karena fitnah ini berkaitan dengan merusak pemahaman, tidak silau dengan dunia, tetapi pemahaman mereka sesat.

Contoh seperti kaum Khawarij, mereka orang yang gemar ibadah, rajin tahajjud, puasa dan segala macam amal ibadah, tetapi mereka terkena fitnah syubhat yang membuat mereka mengkafirkan para Sahabat Radhiyallaahu 'anhum.

Inti bahasan dari ceramah yang disampaikan oleh Ustadz Yazid bin Abdul Qodir Jawas hafizhahullah ini adalah Fitnah Syahwat. Fitnah syahwat ini Merusak Tujuan hidup manusia di Dunia. Tujuan hidup manusia diciptakan adalah beribadah, dengan terkena fitnah syahwat, manusia terlalaikan dari tujuan asal mereka diciptakan. Manusia kebanyakan memandang status kemuliaan seseorang dengan melihat Kedudukannya dan Harta, padahal jelas didalam Al-Quran Allah 'Azza wa Jalla mengatakan bahwa kemuliaan itu dilihat dari tingkat ketaqwaan seorang hamba.


Tidaklah terdapat pernyataan ataupun kalimat didalam Al-Quran maupun Hadits yang memuji Dunia, kecuali menghinakannya. Dunia di ibaratkan lebih hina dari bangkai anak kambing yang cacat, Dunia bagaikan kotoran yang kita keluarkan, Dunia tidak lebih berharga dari 1 sayap nyamuk, dan tahukah anda bahwa Dunia dan segala kenikmatan isinya itu ibarat kita mencelupkan jari telunjuk kita ke laut dan kita angkat, air yang menempel di jari kita itulah Dunia dan segala isi kenikmatannya, TIDAK ADA HARGANYA.

Yuk simak Ceramah yang disampaikan oleh Ustadz Yazid bin Abdul Qodir Jawas yang bertemakan Dunia Lebih Jelek dari Bangkai Kambing. Semoga kita terhindar dari fitnah-fitnah tersebut. Semoga bermanfaat.