Barangsiapa yang Allah beri hidayah, tidak ada seorang pun yang bisa menyesatkannya dan barangsiapa yang telah Allah sesatkan, tidak ada seorang pun yang bisa memberi hidayah kepadanya. Setiap kita pasti pernah mengalami hal yang membuat kita berubah baik ke arah yang benar maupun yang salah.

Allah Subhaanahu wa Ta'aala berfirman :

أَلَمْ يَأْنِ لِلَّذِينَ آمَنُوا أَن تَخْشَعَ قُلُوبُهُمْ لِذِكْرِ اللَّهِ وَمَا نَزَلَ مِنَ الْحَقِّ وَلَا يَكُونُوا كَالَّذِينَ أُوتُوا الْكِتَابَ مِن قَبْلُ فَطَالَ عَلَيْهِمُ الْأَمَدُ فَقَسَتْ قُلُوبُهُمْ ۖ وَكَثِيرٌ مِّنْهُمْ فَاسِقُونَ

Belumkah datang waktunya bagi orang-orang yang beriman, untuk tunduk hati mereka mengingat Allah dan kepada kebenaran yang telah turun (kepada mereka), dan janganlah mereka seperti orang-orang yang sebelumnya telah diturunkan Al Kitab kepadanya, kemudian berlalulah masa yang panjang atas mereka lalu hati mereka menjadi keras. Dan kebanyakan di antara mereka adalah orang-orang yang fasik. (QS. Al-Hadid : 16)

Penggalan ayat diatas (أَلَمْ يَأْنِ لِلَّذِينَ آمَنُوا أَن تَخْشَعَ قُلُوبُهُمْ لِذِكْرِ اللَّهِ) mampu mengubah seorang remaja kaya yang sering menghabiskan waktunya untuk bernyanyi dan mahir memainkan alat musik, mampu mengubah hidup seorang pemabuk, bahkan mampu mengubah hidup seorang perampok yang terkenal dizamannya menjadi Ulama-ulama yang kita kenal dan masih kita ambil ilmu dari mereka hingga saat ini.

Dan kita pun demikian, ada suatu ketika kita mengalami sebuah kejadian besar dalam hidup kita yang membuat kita kembali hijrah ke jalanNYA. Simak kisah-kisah hijrah ulama-ulama besar Islam lainnya dalam kajian yang bertema TURNING POINTS yang disampaikan oleh Ustadz Riyadh bin Badr Bajrey hafizhahullah. Semoga bermanfaat.