Siapa diantara manusia yang tidak berbuat dosa? Tidak ada. Karena manusia adalah tempatnya dosa, setiap keturunan adam pasti berbuat dosa. Namun kita memiliki Allah, Dzat yang Maha Pengampun. Apapun dosa kita, baik itu dosa maksiat, zina, mencuri, korupsi, bahkan dosa syirik selama kita bertaubat dengan taubah nasuha insya Allah akan diampuni.

Tips meraih ampunan.

Allah 'Azza wa Jalla berfirman, wahai anak Adam selama engkau mau berdoa Dan berharap kepadaKu niscaya Aku Alam ampuni dan Aku tidak peduli. Wahai anak adam seandainya dosamu menumpuk sampai langit tapi kamu maunberistigjfar memohon ampumm niscaya akannaku ampuni. wahai anak Adam seandainya engkau menghdap Ku dalam keadaan membawa dosa sehesar bumi tapi tidak berbuat syirik niscaya Aku akan membwa ampunan sebesar bumi pula.
Tips agar diampuni nomer satu memohon ampunan. Kedua beristighfar. Ketiga bertauhid dan menjauhi syirik.

1. Berdoa dengan penuh harapan.
Perbanyak berdoa walapun banyak dosa. Iblispun berdoa kepada Allah, meminta untuk ditangguhkan sampai hari kiamat dan Allah kabulkan. Lalu apa alasan kita malas berdoa kepada Allah? Allah tidak akan pernah keberatan mengabulkan permintaan hambaNya sehesar apapun permintaan itu. Selama bukan permintaan yang bersifat maksiat.

2. Rajin beristighfar
Istighfar sebanyak mungkin dan dimana saja.
Imam Al Hasan Al basri berkata sering seringlah beristighfar di rumah kalian dan di meja meja makan kalian dan dijalan dan di pasar dan di majelis-majelis kalian dan dimanapun kalian berada.

3. Bertauhid dan menjauhi syirik.
Syarat mutlak yang tidak bisa ditawar supaya mendapat ampunan Allah.

إِنَّ ٱللَّهَ لَا يَغۡفِرُ أَن يُشۡرَكَ بِهِۦ وَيَغۡفِرُ مَا دُونَ ذَٰلِكَ لِمَن يَشَآءُۚ وَمَن يُشۡرِكۡ بِٱللَّهِ فَقَدۡ ضَلَّ ضَلَٰلَۢا بَعِيدًا

Allah tidak akan mengampuni dosa syirik (mempersekutukan Allah dengan sesuatu), dan Dia mengampuni dosa selain itu bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan barangsiapa mempersekutukan (sesuatu) dengan Allah, maka sungguh, dia telah tersesat jauh sekali. (QS An-Nisa:116)

Simak kajian yang disampaikan oleh Ustadz Abdullah Zaen hafizhahullah dengan tema Menjemput Ampunan Allah, bagaimana kita meraih ampunan Allah, cara meraih ampunan Allah, cara bertaubat dari maksiat yang berulang-ulang.